Mengenal Lebih Dekat: Wisata Kuliner Malam di Surabaya

Surabaya, kota pahlawan yang selalu hidup sepanjang hari, memang penuh dengan pesona. Mulai dari tempat-tempat bersejarah hingga lokasi-lokasi wisata modern, Surabaya akan selalu punya sesuatu yang menarik untuk ditawarkan. Namun, selain itu semua, Surabaya juga terkenal dengan wisata kulinernya, terutama saat malam hari. Kali ini kita akan menjelajahi kelezatan kuliner malam yang bisa Kamu temukan di Surabaya.

Nasi Goreng Jancuk

Kalau Kamu memang penggemar berat nasi goreng, maka Nasi Goreng Jancuk bisa menjadi pilihan yang sempurna. Nama yang unik dan sedikit ‘naughty’ ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri. Sajian nasi goreng ini terkenal dengan porsinya yang besar dan rasanya yang pedas gila. Biasanya Nasi Goreng Jancuk bisa ditemukan di beberapa sudut kota Surabaya pada malam hari. Cocok banget buat Kamu yang tidak terlalu suka makan yang ‘ringan-ringan’ di malam hari.

Sate Klopo Ondomohen

Sate yang satu ini bukan sembarang sate. Terbuat dari daging sapi yang dilumuri dengan kelapa parut sebelum dibakar, Sate Klopo Ondomohen memiliki rasa yang khas dan legit. Biasanya disajikan dengan lontong, serta saus kacang yang kental dan gurih. Sate Klopo Ondomohen bisa kamu temukan di Jalan Walikota Mustajab dan ramai pengunjung menjelang malam hari.

Rujak Cingur

Tidak lengkap rasanya pembahasan kuliner Surabaya tanpa menyebutkan Rujak Cingur. Kuliner yang satu ini memang legendaris dan selalu menjadi incaran wisatawan. Rujak Cingur terbuat dari berbagai macam buah dan sayuran yang disiram dengan bumbu kacang petis yang kental, lengkap dengan potongan cingur (hidung sapi). Paduan rasa manis, asin, pedas, dan sedikit asam dari bumbu petis membuat rujak cingur beda dari yang lainnya.

Lontong Balap

Lontong Balap adalah salah satu kuliner yang paling ikonik di Surabaya. Konon, namanya diambil dari kebiasaan para penjual yang ‘berlomba-lomba’ menjajakan jualannya pada masa dulu. Berbahan dasar lontong, tauge, dan tahu goreng yang disiram kuah segar, lalu ditambah dengan beberapa potong lento (gorengan dari singkong), Lontong Balap ini sangat cocok dinikmati pada malam hari. Kamu bisa menemukannya di berbagai penjuru kota, khususnya di area pasar malam.

Lupis dan Cenil di Pasar Atom

Jika Kamu lebih suka cemilan manis, maka Lupis dan Cenil bisa menjadi pilihan yang tepat. Kedua jajanan ini terbuat dari ketan dan aci yang dikukus, kemudian disiram dengan saus gula merah yang manis dan kental. Keduanya disajikan dengan taburan kelapa parut yang lembut, membuatnya semakin lezat. Kamu bisa menemukannya di Pasar Atom atau di beberapa pasar tradisional di Surabaya pada malam hari.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner malam di Surabaya yang bisa Kamu coba. Setiap sajian memiliki keunikannya sendiri dan tentu saja rasa yang menggugah selera. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan mengeksplorasi lebih jauh. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menikmati perjalanan kuliner malammu di Surabaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *